Pembelajaran Bisnis Pariwisata Sebagai Salah Satu Kompetensi Bisnis Internasional

Posted: September 2, 2010 in IEU
Tags: , , , , , , , , , , , ,
IEU with Mr. Mario Blanco

IEU with Mr. Mario Blanco

Bisnis Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan sebuah negara di dalam memberikan kontribusi devisa. Tidak terkecuali Indonesia, dimana bisnis pariwisata mampu memberikan kontribusi devisa cukup signifikan. Sebagai negara yang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya yang luar biasa, Indonesia cukup mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam hal bisnis pariwisata alamnya. Bahkan Bali sebagai salah satu tempat wisata ternama di Indonesia sangat mengandalkan wisata bahari sebagai objek yang ditawarkan kepada wisatawan, baik domestik maupun internasional. Bisnis dan Industri pariwisata di Bali, sudah sangat begitu menyatu ke seluruh lapisan masyarakatnya, tanpa meninggalkan adat dan istiadat aslinya. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi bisnis dan industri pariwisata di Bali.

Untuk lebih memperkenalkan dan mempelajari bisnis pariwisata yang ada di Bali, maka pada tanggal 7 – 10 Agustus 2010 yang lalu, sejumlah mahasiswa dan dosen IEU Surabaya – International Business School, mengadakan Study Tour untuk mempelajari bisnis dan industri pariwisata yang ada di Bali.

Berfoto Bersama di GWK

Berfoto Bersama di GWK

Rombongan yang berjumlah sekitar 33 orang mahasiswa dan didampingi 3 orang dosen ini, bertujuan untuk mempelajari berbagai komponen bisnis dan industri pariwisata yang ada di Bali. Mulai dari industri seni, kerajinan dan pasar tradisional, kekayaan alam, hotel sampai dengan mengunjungi Panti Asuhan yang ada di Bali, sebagai wujud kepedulian segenap civitas academica kepada sesama.

Mr. Mario Blanco sedang menerangkan kepada seluruh rombongan IEU

Mr. Mario Blanco sedang menerangkan kepada seluruh rombongan IEU

Kunjungan IEU Tourism Business Study Tour 2010 ini diawali dengan mengunjungi Museum Seni Antonio Blanco di daerah Ubud Bali. Museum ini dimiliki dan didirikan oleh maestro pelukis terkenal dunia berasal dari Spanyol yang sudah tinggal di Ubud Bali. Rombongan IEU Surabaya – International Business School, merasa terhormat, karena dalam kunjungan tersebut diterima secara langsung oleh putra Antonio Blanco, yang juga sebagai pengelola museum, yaitu Mario Blanco. Museum Antonio Blanco mempunyai arsitektur bangunan yang indah, dengan desain eropa yang unik membentuk suatu ruangan yang mengagumkan. Ditambah dengan cahaya lampu dan lukisan yang khas, membuat ruangan berlantai 2 ini semakin cantik. Dalam kunjungan tersebut, Mr. Mario Blanco menjelaskan beberapa lukian yang memang mempunyai nilai jual seni yang sangat tinggi beserta pengelolaan museum tersebut, sehingga mampu bersaing dengan beberapa museum seni lainnya, baik itu nasional dan internasional.

Makan Malam di Jimbaran

Makan Malam di Jimbaran

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa wisata alam yang ada di Bali, mulai dari Airlangga, Kintamani, Pura, Pasar Tradisional Sukowati, GWK, Krisna dan beberapa pusat kerajinan tradisional yang ada di Bali. Dibeberapa tempat tersebut, selain menikmati keindahan dan kekayaan alam, rombongan juga mempelajari pengelolaan beberapa tempat wisata tersebut. Rombongan juga sempat menikmati makan malam di tepi pantai jimbaran, menikmati desiran ombak dan angin laut yang cukup mempesona. Selain, itu rombongan juga sempat mampir ke Pabrik Kata-Kata Joger dan melakukan investigasi serta interview dengan manajemen Palm Beach Hotel Bali.

Pemberian Tali Asih Oleh Head of IEU Studeng Coucil (Stephanie Caroline)

Pemberian Tali Asih Oleh Head of IEU Student Council (Stephanie Caroline)

Kunjungan IEU Tourism Business Study Tour 2010 ini diakhiri dengan mengunjungi Panti Asuhan Hindu Dharma Jati II, yang ada di daerah Trengguli, Penatih Denpasar Bali. Dalam kunjungan ini, rombongan memberikan bingkisan dan tali asih kepada penghuni panti asuhan sebagai wujud kepedulian sosial segenap civitas academica kepada sesama, serta menikmati tari-tarian yang dipersembahkan oleh penghuni panti asuhan tersebut kepada rombongan. Rombongan IEU – International Business School, sangat senang sekali dalam kunjungan sosial tersebut. Apalagi ditambah dengan kedatangan beberapa mahasiswa Jepang, yang sedang menetap di panti asuhan tersebut. Akhirnya rombongan meninggalkan panti asuhan tersebut, untuk bersiap diri sebelum meninggalkan Bali menuju ke kota Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s